Minggu, 04 November 2012

pengantar bisnis rangkuman bab 8: mengadaptasi organisasi pada masa sekarang.






Pengantar bisnis.
Rangkuman Bab 8 : Mengadaptasi Organisasi Pada Masa Sekarang
- Prinsip – prinsip Organisasi Fayol, antara lain :
A. Kesatuan perintah.
B. Hierarki otoritas.
C. Divisi tenaga kerja.
D. Subordinasi kepentingan individual dengan kepetingan umum.
E. Otoritas.
F. Tingkat sentralisasi.
G. Saluran komunikasi yang jelas.
H. Tata tertib.
I. Keadilan.
J. Esprit de corps.

-  Prinsip – prinsip Organisasi Weber, antara lain :
A. Deskripsi pekerjaan.
B. Peraturan tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang mendetail.
C. Prosedur, peraturan, dan kebijaksanaan yang konsisten.
D. Promosi dan susunan kepegawaian yang didasarkan pada kualifikasi.

-  Rantai Komando adalah garis otoritas yang bergerak dari atas hierarki menuju tingkat yang terendah.
-  Otoritas Yang Tersentralisasi muncul ketika otoritas pengambilan keputusan dipertahankan di tingkat manajemen puncak di markas besar perusahaan.
-  Otoritas Yang Terdesentralisasi muncul ketika otoritas pengambilan keputusan didelegasikan ke para manajer tingkat lebih rendah pada karyawan yang lebih familier dengan kondisi local ketimbang manajemen markas besar.
- Rentang kendali merujuk kepada jumlah optimal bawahan yang diawasi atau yang harus diawasi seorang manajer.
- Struktur Organisasi Yang Tinggi adalah struktur dimana bagan organisasional piramida akan sangat tinggi dikarenakan berbagai tingkat manajemen.
- Struktur Organisasi Yang Datar merupakan struktur yang memiliki lebih sedikit lapisan manajemen dan rentan kendali yang luas.

-  Departementalisasi adalah pembagian fungsi organisasional menjadi unit – unit terpisah.
-  Personel Jalur adalah bagian dari rantai komando yang bertanggung jawab untuk secara langsung mencapai tujuan organisasional.
-  Personel Staff menasihati dan membantu personel jalur dalam mencapai tujuan mereka.
- Tranparansi terjadi ketika sebuah perusahaan begitu terbuka dengan perusahaan lain yang bekerja dengannya, sehingga penghalang yang tadinya solid diantara mereka jadi tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan – perusahaan tersebut adalah satu perusahaan.
-  Restrukturisasi adalah mendesain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih efektif dan efisien melayani pelanggannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar